.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

“PERCEPAT PENDIDIKAN YANG MERATA DAN BERKUALITAS”

altMerupakan Tema Nasional Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 02 Mei sedangkan Sub Tema Kabupaten Ende adalah “ Mari bersama-sama dan sama-sama Kita Percepat Pendidikan yang Merata, Berkualitas dan Berkeadilan di Kabupaten Ende”

Hal ini tertuang pada sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, yang dibacakan oleh Wakil Bupati Ende, H. Djafar H. Achmad pada Apel Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kabupaten Ende Tahu 2017 di Lapangan Pancasila, Jalan Soekarno (Selasa,02/5).


Tema yang dicanangkan tersebut, menurut Menteri Muhadjir Effendy, terkait erat dengan Fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut kualitas semakin tinggi.

“Marilah kita resapi dan renungi tema tersebut, kemudian kita wujudkan bersama-sama, dengan begitu maka seluruh lapisan masyarakat akan dapat menjangkau layanan pendidikan yang merata dan berkualitas” kata Menteri Muhadjir Effendy.


Setiap saat peringatan Hardiknas lanjut Menteri Effendy, kita tak pernah lupa dengan sosok Ki Hadjar Dewantara yang dikenal dengan Bapak Pendidikan Nasional, dengan konsep “Laku Telu” atau tiga peran yang dirumuskan dalam bahasa jawa : “Ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karso, tut wuri handayani” yang artinya apabila didepan memberi teladan, ditengah memberi inspirasi dan dibelakang memberi dorongan. Ketiga peran tersebut harus dilaksanakan secara seksama dalam tampilan pendidikan yang utuh.


Konsep dari Bapak Ki Hadjar Dewantara ini, tambah Menteri Effendy, menjadi dasar acuan visi Presiden RI Joko Widodo di bidang pendidikan. Dalam visi Presiden, masa depan Indonesia adalah sangat ditentukan oleh generasi peserta didik masa kini yang memiliki karakter atau budi pekerti yang kuat serta menguasai berbagai bidang ketrampilan hidup, vokasi dan profesi 21.


alt

Selanjutnya Menteri Effendy menyampaikan bahwa Reformasi pendidikan nasional merupakan proses jangka panjang, bukan sesaat sehingga perlu dilaksanakan secara sistemis, prosedural, bertahap dan perlu dukungan dan partisipasi konstruktif semua jajaran pelaksana pendidikan, pemangku kepentingan pendidikan, bahkan seluruh warga Indonesia, sehingga mungkin tidak kita nikmati sekarang tetapi niscaya anak cucu kita yang bakal menikmatinya, dalam arti bisa mengenyam pendidikan berkualitas untuk mencapai kemajuan dan keunggulan bangsa Indonesia di antara bangsa-bangsa lain.


Pada kesempatan yang sama, setelah apel dilanjutkan dengan acara penyerahan hadiah lomba untuk kejuaraan O2SN SD-SMP dan Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) dihibur oleh tarian dari SMP Kristen dan Antraksi Marching Band dari SMPK Maria Goreti Ende.

 

Valentina Nong/Diskominfo Ende                        

Addthis
You are here