.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PANGAN SEHAT BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL

altPemerintah dalam hal ini melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Ende menyelenggarakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Ende Tahun 2017 yang berlangsung pada Kamis (20/4) bertempat di di Aula BB St. Konradus Ende, Jalan Wirajaya Ende, memiliki makna yang amat mendasar dalam mengekspresikanĀ  kemampuan dan kreatifitas peserta dalam meramu dan mengolah menu Pangan Sehat Berbasis Sumber Daya Lokal.


Wakil Bupati Ende Drs. H.Djafar H.Achmad dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan ini mengatakan Kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA memiliki makna yang amat mendasar yaitu selain sebagai momentum untuk mengekpresikan kemampuan dan kreativitas peserta dalam meramu dan mengolah menu Pangan Sehat Berbasis Sumber Daya Lokal, juga sebagai ajang kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah dipersyaratkan sekaligus sebagai bentuk implementatip terhadap peraturan perundang-undangan di bidang Pangan.


Pola konsumsi pangan masyarakat dewasa ini, lanjut Wabup Djafar masih menunjukan kecendrungan kurang beragam dari jenis pangan dan kesimbangan gizinya, maka perlu upaya pola pikir masyarakat ke arah pola konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA).


Lebih lanjut Wakil Bupati Djafar mengatakan untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas sebagai modal pembangunan, maka diperlukan Pola Konsumsi Pangan yang berkualitas pula yaitu pangan yang mengandung zat gizi lengkap sesuai dengan kebutuhan agar dapat menjalankan berbagai aktivitas secara aktif dan produktif.alt


Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi dan Aman Berbasis Sumber Daya Lokal diselenggarakan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Ende dan dikuti oleh Tim Penggerak PKK dari 21 Kecamatan berjumlah 42 orang dengan Tim Juri adalah Perwakilan dari Ahli Gizi, TP PKK Kabupaten dan Lembaga Pendidikan Kuliner yakni Dinas Kesehatan Kab. Ende, Pokja III Tim Penggerak PKK Kab Ende dan SMK Muctiasa Kabupaten Ende. Tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA dan penerapannya serta mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengambangkan atau menciptakan menu B2SA


Diharapkan dari lomba ini agar dapat meningkatkan pemahaman setiap individu dalam menerapkan konsumsi beragam, Bergizi Seimbang dan Aman khususnya ibu rumah tangga yang bertanggungjawab dalam menentukan menu keluarga.


Densy Wejor/Diskominfo Ende




Addthis
You are here