.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

UPTD LLK UKM MENGADAKAN PELATIHAN LAS LISTRIK DAN PERBENGKELAN

altSebanyak 32 orang dari 2 Kelurahan, masing-masing kelurahan Mautapaga Kecamatan Ende Timur 16 orang dan Kelurahan Mbongawani Kecamatan Ende Selatan 16 orang mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Ketrampilan dan Produktivitas Tenaga Kerja yang diselenggarakan oleh UPTD LLK UKM (Unit Pelaksana Teknis Daerah Lokal Latihan Kerja Usaha Kecil Menengah) dibawah naungan Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Ende.

Kepala UPTD LLK UKM, Lodovikus Y.V.Depa, S.Ip, mewakili Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Ende, Ir. Subhan Wanda, MT, saat dikonfirmasi, di ruang kerjanya,Rabu (19/4); mengatakan pelatihan yang diadakan ini merupakan jawaban dari usulan PIDES/PILKEL tahun 2016, yang dilaksanakan tahun 2017.


“Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Ketrampilan dan Produktivitas tenaga Kerja ini dibagi menjadi 2(dua) Paket yang terdiri dari Paket Kejuruan (Las Listrik) dan Paket Otomotif (Perbengkelan) yang masing-masing paket terdiri dari 16 orang yang yang berasal dari 2 (dua) Kelurahan, Mautapaga dan Mbongawani, menggunakan Dana DAU menjawabi usulan PIDES/PIKEL tahun 2016”, kata Lodovikus.


Untuk Tahun 2017 ini, lanjut Lodovikus, ada 10 Paket Kegiatan, Meubeller Kayu 2 Paket, Las Listrikalt 2 Paket, Otomotif 2 Paket, Meubeller Bambu 1 Paket, Procesing 1 Paket dan Menjahit 2 Paket, dimana dari 10 Paket Kegiatan ini yang sudah terlaksana sebanyak 4 Paket, 2 Paket, Kegiatan Las Listrik dan Perbengkelan sudah dilaksanakan bertempat di LLK Ende Jalan Anggrek, selama 30 hari atau selama 240 jam kerja, 1 paket kegiatan Meubeller Kayu yang dilaksanakan di Kecamatan Detusoko dan 1 Paket Kegiatan Menjahit dilaksanakan di Desa Kobaleba Kecamatan Maukaro.


Bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini, selain diberikan ketrampilan, juga diberikan bantuan peralatan sehingga diharapkan dapat membuka peluang usaha dan menyerap tenaga kerja sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi diri sendiri maupun untuk orang lain.


Instruktur Kegiatan Las Listrik, Yosef Tatu, menjelaskan disela-sela kegiatan bahwa Hasil dari kegiatan Las Listrik ini berupa Peralatan Rumah Tangga, seperti Tempat Tidur, Rak Piring, Rak Sepatu, Jemuran Pakaian dengan ukuran dan Model yang disesuaikan dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang terbaik  yang akan dipasarkan ke masyarakat umum dimana hasilnya menjadi masukan untuk PAD Kabupaten Ende.


Valentina Nong/Diskominfo Ende



Addthis
You are here