.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

BAPPEDA MENGGELAR FORUM OPD TINGKAT KABUPATEN ENDE

altPemerintah Kabupaten Ende, melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Ende menggelar kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  Tingkat Kabupaten Ende Tahun 2017. Forum OPD ini diadakan setelah pelaksanaan Musrenbang RKPD di Kecamatan beberapa waktu yang lalu yang merupakan tahapan dalam penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2018.

Pelaksanaan kegiatan Forum OPD Kabupaten Ende ini dipusatkan di lantai 2 Kantor Bupati Ende Jln Eltari, Senin  (13/3) di Buka oleh Bupati Ende yang diwakili oleh  Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. Siprianus Reda Lio.

Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan IV pada Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Ende, Adrianus Yosafat Muda, ST selaku panitia penyelenggara saat  menyampaikan laporannya mengatakan, kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah Tk. Kab. Ende merupakan kelanjutan dari tahapan sebelumnya yaitu Pelaksanaan Musrenbang RKPD di Kecamatan.


Penyelenggaraan Tahapan  dan Tata cara penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2018 demikian Adrianus, adalah Pelaksanaan Musrenbang RKPD di Kecamatan, dimana telah menghasilkan sejumlah usulan bottom up dan partisipatif dari masyarakat dalam bentuk program dan kegiatan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat sesuai kondisi dan karakteristik masing-masing kecamatan yang dikelompokkan dalam 5 bidang prioritas yaitu: Bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi dan Pariwisata, Infrastruktur dan Lingkungan Hidup, serta Bidang penataan Birokrasi, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat, Hukum, HAM, Keamanan dan Ketertiban.


Lanjut Adrianus, setelah pelaksanaan Musrenbang RKPD di Kecamatan, tahapan selanjutnya adalah Pelaksanaan Forum OPD, yang di maksudkan untuk melakukan verifikasi kelayakan usulan masyar

alt

akat oleh Perangkat daerah sesuai tugas dan fungsinya masing-masing serta untuk melakukan sinkronisasi antara usulan kegiatan masyarakat dengan rancangan Renja OPD Tahun 2018. Usulan masyarakat yang disepakati lanjutnya lagi akan 

menjadi input bagi pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kabupaten Ende dan menjadi masukan bagi penyusunan RKPD Tahun 2018.

Forum OPD ini tambahnya, bertujuan menyelaraskan program dan kegiatan OPD dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kecamatan, mempertajam indikator, serta target program dan kegaiatn OPD, Menyelaraskan program dan kegiatan antar OPD dengan OPD lainnya dan menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif. Hasil dari Forum OPD ini harapnya dapat merekapitulasi usulan prioritas pembangunan masing-masing kecamatan sesuai 5 (Lima) bidang Prioritas Kabupaten yang telah disepakati untuk menjadi bahan perumusan Rancangan Renja Perangkat daerah dan rancangan Akhir RKPD.

 

DisKominfoEnde/Valentina Nong

 

 




Addthis
You are here