.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

KAKAO DAN KOPI MERUPAKAN PRODUK UNGGULAN

altTantangan utama yang dihadapi oleh para petani kakao dan kopi NTT khususnya Flores Timur, Sikka dan Ende diantaranya teknik budidaya, pengolahan hasil panen serta pengaturan rantai pemasaran karena produk kakao dan kopi merupakan produk unggulan yang dapat mendorong percepatan pembangunan sektor ekonomi.

 

Hal ini disampaikan oleh Bupati Ende, Ir. Marselinus Y.W. Petu dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Setda Bidang Administrasi Umum, Johanes Vitalis Tote, SH saat membuka Kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Kerja sama MCA Indonesia dan Pemerintah Daerah) di Hotel Grand Wisata Jl. Kelimutu, Selasa (7/3).

 

Untuk mengatasi persoalan di atas, lanjut Bupati Marsel, maka Rakorda ini merupakan salah satu strategi bersama untuk melihat perkembangan capaian atas program dan kegiatan yang sedang berjalan, guna menjadi bahan evaluasi dan membangun komitmen bersama antara pelaksana program dengan pemerintahan daerah untuk mendorong percepatan pembangunan sektor ekonomi melalui produk unggulan daerah khususnya kakao dan kopi.

 

Menghadapi ancaman Pasar Global ASEAN, maka khusus Kabupaten Ende telah melakukan kerja sama dengan dua mitra LSM Tana Nua Flores dan VECO Indonesia sejak tahun 2009 hingga tahun 2017 (yang telah dicanangkan sebagai tahun investasi), dengan melakaltukan pendampingan kepada petani kakao dan kopi namun belum maksimal dan di tahun 2015 ada dukungan tambahan dari mitra MCA Indonesia di Kabupaten Ende melalui MoU yang ditandatangani bersama antara Bupati Flores Timur, Sikka dan Ende dan MCA Indonesia yang bergerak pada Program PMaP 3 (Participatory Mapping and Planing 3) yaitu : Perencanaan dan Pemetaan Partisipatif. Dimana dengan Perencanaan dan Pemetaan Partisipatif dihasilkan Informasi Manajeman Spasial yaitu data yang telah terverifikasi selanjutnya akan dimunculkan ke dalam satu peta daring (online) yang memuat berbagai macam data. 

 

Diharapkan dengan sistem ini data pesebaran serta potensi kakao dan kopi juga data apapun mudah diakses juga berpengaruh besar pada iklim investasi. Para investor yang berniat masuk ke satu daerah tentu akan merasa sangat terbantu dengan data yang tersedia, setidaknya mereka bisa menghemat banyak waktu dan biaya untuk melakukan survei lokasi.

 

Bupati Marsel mengharapkan agar Rakorda yang difasilitasi oleh Bappeda Kabupaten Ende ini dapat menghasilkan rencana kerja yang berkaitan langsung dengan masalah mendasar yang dialami oleh para petani sehingga dalam pelaksanaanya merupakan wujud dari Nawa Cita ketiga, revolusi mental petani dan Trisakti serta menjadi perhatian dalam Membangun Kabupaten Ende Menuju Masyakat yang Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan.

DisKominfoEnde/Densy

 

 

Addthis
You are here