.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

PENGEMBANGAN NILAI KOPERASI DITENTUKAN OLEH KESADARAN KOLEKTIF DAN SEMANGAT KEMANDIRIAN

altAnggota dalam kapasitas sebagai pemilik dan pengguna jasa koperasi adalah bangunan dasar dan kekuatan utama, mempunyai peran dan posisi strategis dalam koperasi. Oleh karena itu setiap insan koperasi hendaknya memahami faktor fundamental eksistensi dan keberlanjutan dari koperasi antara lain kesadaran kolektif serta semangat kemandirian dan keberadaan koperasi akan ditentukan oleh proses pengembangan nilai-nilai koperasi.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Ende, Efrem Diakon Aina, SE saat membuka RAT Koperasi Serba Usaha GAHARU di Hotel Flores Mandiri, jln. Melati Atas ( Minggu , 26/2).

Dihadapan para peserta RAT TB. 2016, yang terdiri dari Ketua Puskopdit Flores Mandiri, Ketua Dekopinda Kabupaten Ende, Badan Pengurus, Badan Pengawas, Pengelola dan segenap anggota serta simpatisan KSU Gaharu, Efrem menambahkan Keunggulan dari nilai-nilai koperasi yang dikembangkan secara sadar yaitu menolong diri sendiri dalam kebersamaan, tanggungjawab sendiri, demokrasi, kesetaraan, keadilan dan solidaritas, kejujuran, keterbukaan, tanggung jawab sosial dan kepedulian terhadap orang lain.


Ditambah pula oleh Efrem bahwa Keberadaan KSU Gaharu yang lahir dari semangat kebersamaan dan solidaritas sesama anggota dengan latar belakang yang berbeda-beda telah memberikan dampak positif dalam peningkatan kesejahteraan anggota, hal ini mendapat apresiasi dari Pemerintahan Kabupaten Ende, Kepemimpinan Bupati Marsel Y.W. Petu dan Wakil Bupati H. Djafar H. Achmad, atas peran KSU Gaharu membangun Pilar Ekonomi dalam satu semangat untuk memerangi kemiskinan dan pengangguran serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan Kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Ende.


alt

Dengan Semangat gerakan bersama lanjut Efrem KSU Gaharu telah menghimpun 1.183 anggota dengan berbagai produk tabungan hingga akhir tahun 2016 sebesar Rp. 544.201.119,- dengan total asset sebesar Rp. 4.177.118.203,- sedangkan pelayanan pinjaman selama tahun 2016 yang lalu yakni Rp. 2.622.922.661, perolehan ini dinilai baik, baik dari jumlah anggota, asset, volume usaha dan partisipasi modal dari anggota.


Pada kesempatan yang sama, Ketua KSU Gaharu, Yosef Nesi disela-sela kegiatan menyampaikan bahwa RAT yang mengambil Tema “ Membangun Semangat Kebersamaan Menuju KSU/Kopdit Gaharu yang Sehat, Mandiri dan Profesional” diharapkan agar Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas menjadi cermin dalam mengevaluasi diri, dan juga sejauh mana semua komponen koperasi memberikan kontribusi untuk pengembangan koperasi dimaksud. Ditambah pula oleh Yosef bahwa dalam mengurus dan mengelola koperasi yang paling penting adalah mengurangi dan mengatasi kelalaian pinjaman karena koperasi dikatakan sehat tolak ukurnya ada pada ketertiban angsuran pinjaman dan penyetoran simpanan wajib. KSU Gaharu yang terletak di Jalan Melati, Kecamatan Ende Tengah, membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin bergabung untuk pengembangan nilai koperasi dan meningkatkan kesejahteraannya.

 

DiskominfoEnde/Valentina Nong

Addthis
You are here