.

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

MASYARAKAT HARUS KENAL RUPIAH

altMasyarakat kabupaten Ende diminta mengenal ciri-ciri keaslian Uang Rupiah NKRI Tahun Emisi (TE) 2016.

 

Permintaan ini disampaikan oleh Mualam Noor, Asisten Direktur Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia, saat memberikan sosialisasi Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah NKRI pada kegiatan BIMTEKSOS Penataan Manajemen KSP/USP Koperasi dan BIMTEKSOS Advokasi Literasi dan Penumbuhan Usaha Pinjam Koperasi, di Hotel Flores Mandiri, Jln Melati Atas.

 

Menurut Mualam Noor, Permintaan ini ia sampaikan guna menepis isu-isu negatif terkait beredarnya uang Rupiah baru, Tahun Emisi 2016 yang tentunya dapat merugikan Pemerintah.

 

“Memang harus kita akui belakangan ini banyak isu-isu negatif terkait dengan beredarnya uang Rupiah, untuk itu kami berkewajiban memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat terkait ciri-ciri uang Rupiah, sehingga masyarakat tidak salah menafsirkan”, ujar Noor.

 

Agar masyarakat lebih mengenal tentang Uang Rupiah Baru, Noor menjelaskan ciri-ciri keaslian Uang Rupiah NKRI, salah satu ciri umum bahwa uang Rupiah Kertas Tahun Emisi (TE) 2016 ditandatangani oleh Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan RI.alt

 

Ciri lainnya kata Noor bahwa adanya penguatan unsur pengamanan pada Uang Rupiah TE 2016 untuk meminimalisir tingkat pemalsuan uang dan Penerbitan Uang Rupiah TE 2016, dan ini dilakukan dalam satu seri agar mempermudah Komunikasi kepada Masyarakat.

 

Tambahnya, untuk memenuhi amanat Undang-Undang mata uang, Bank Indonesia telah mengeluarkan 7 (tujuh) pecahan uang Rupiah kertas Rp. 100.000, Rp.50.000, Rp. 20.000, Rp. 10.000, Rp. 5000,  Rp. 2000, serta Rp.1000 dan mulai berlaku sebagai alat pembayaran yang sah sejak tanggal 19 Desember 2016.

 

Ia berharap kepada peserta agar bisa memahami secara benar tentang ciri-ciri uang NKRI TE 2016, dan dapat menyampaikan atau menginformasikan kepada masyarakat lainnya terkait ciri-ciri uang Kertas dan uang logam NKRI TE 2016.

 

Cristina Pero salah seorang peserta, ketika dikonfirmasi terkait kegiatan ini mengatakan, ia merasa bersyukur dapat mengikuti kegiatan ini dan menyampaikan terimakasih kepada pihak Bank Indonesia yang telah mensosialisasikan tentang Uang Rupiah Kertas TE. 2016, sehingga ia bisa mengetahui secara benar ciri-ciri uang Rupiah NKRI TE.2016.

 

DiskominfoEnde/Valentina Nong



Addthis
You are here